Mendalami Beberapa Langkah dalam Main Catur

Teknik main catur  harus Anda kuasai jika Anda ingin memenangkan pertandingan-pertandingan catur yang diikuti. Catur merupakan olahraga yang penuh dengan strategi, intrik, dan siasat untuk menjegal berbagai langkah lawan.

Teknik Bermain Catur

Bermain tanpa strategi dan teknik yang jitu akan berakibat pada kekalahan-kekalahan yang akan dialami. Menguasai sekaligus mempraktikkan teknik yang akan dibahas dalam tulisan ini menjadi keniscayaan bagi Anda, yang ingin menang dalam setiap perhelatan catur.

Teknik main catur susah-susah gampang. Bagi Anda yang sudah terbiasa bermain catur, mungkin langkah-langkah yang akan dibahas akan terasa mudah diterapkan karena sesuai dengan peribahasa, sesuatu yang sering dilakukan akan mudah untuk dilakukan sekalipun dengan jalan dan cara yang berbeda-beda.

Improvisasi dan permainan yang tak monoton alias konvensional memang mutlak diperlukan supaya setiap langkah Anda tak mudah terbaca oleh lawan. Maka kuncinya perbarui banyak teknik catur merupakan keharusan yang seyogyanya dilakukan secara berkelanjutan.

Teknik Maut

Pembaruan teknik main catur diperlukan untuk memperlihatkan permainan yang tak monoton dan mudah ditebak lawan. Dibawah ini ada beberapa lagkah yang bisa Anda implementasikan dalam setiap pertandingan catur yang Anda lakukan:

1. Yang Harus Dilakukan

    * Diawal permainan, usahakan tidak menjalankan dua pion langsung meskipun dibolehkan karena pertahanan Anda akan mudah terbuka.

    * Kuda sebaiknya dijalankan terlebih dahulu sebelum menjalankan gajah.

    * Begitu juga gajah sebaiknya dijalankan terlebih dahulu sebelum benteng.

    * Lakukan blokade secara cepat sebelum pertahanan benar-benar terbuka, untuk melindungi raja Anda.

    * Melindungi pion supaya tak banyak dimakan lawan merupakan keharusan, mereka akan banyak berguna menjelang akhir-akhir peperangan.

    * Usahakan dalam setiap langkah menerapkan strategi penyergapan, untuk memungkinkan musuh terjebak dan bahkan salah langkah.

    * Lakukan serangan terhadap raja dari berbagai penjuru dan rencanakan secara matang dengan dukungan minimal 2-3 pejabat sekelas kuda, menteri dan gajah.


2. Yang Harus Dihindari

    * Di awal permainan, jangan buka pertahanan Anda dengan langsung menjalankan dua pion meskipun hal itu dibolehkan.

    * Jangan menciptakan bidak yang bertumpuk sehingga malah akan menyulitkan langkah Anda sendiri.

    * Jika ingin melakukan skak, rencanakan secara matang terlebih dahulu. Jangan terburu-buru yang malah membuat skak tersebut sia-sia.

    * Lindungi setiap pion oleh pejabat seperti gajah, benteng atau kuda. Jangan sampai dibiarkan melangkah sendirian (isolasi).

    * Jangan membiarkan lawan mengobrak-abrik pertahanan lawan Anda dengan bermanuver bebas di bidak pertahanan.

    * Berikan ruang yang bebas untuk jalan gajah.

    * Setiap langkah harus diperhitungkan secara matang. Jangan asal melangkah, yang akan membuat Anda pusing sendiri.


Itulah beberapa teknik main catur yang harus difahami dan diterapkan dalam setiap pretandingan catur, supaya kemenangan senantiasa menghampiri.









sumber : www.anneahira.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik, apabila spam maka akan kami hapus.

Artikel Terbaru

Fanpage FB

Fanpage FB

Pendaftaran UKM Catur

Foto Pilihan

Pengikut

 

©2013 UKM Catur UNY - Design by: Burhanuddin Anshory