Catur - Seni, Olahraga Atau Ilmu ?

Sang legendaris Bobby Fischer juara dunia 1972-1975 memainkan catur dengan keindahan, harmoni, dan seni. Dalam benak seorang yang kreatif, papan catur bagaikan sebuah kanvas dimana biji-biji catur adalah alat untuk berekspresi.

Catur adalah seni karena relasi antara biji-biji catur dapat menghasilkan harmoni seumpama simfoni atau lukisan yang indah.

Catur adalah olahraga karena unsur kompetisi bukan hanya mental namun fisik, emosi, sekaligus psikologi.

Catur adalah ilmu karena dapat dipelajari dan dibuat teori, dan dalil-dalilnya dapat dibuktikan.

Sebuah masterpiece partai catur yang indah, dengan logika dari awal hingga akhir, adalah karya seni di mata penggemar catur. Ada kepuasan intelektual di saat kita memainkan sebuah partai masterpiece.

Vassily Smyslov, Juara Dunia Catur ke-7
dalam sejarah, seorang individu multi dimensi. Kecintaan Smyslov yang lain selain catur adalah musik dan beliau adalah seorang penyanyi opera disegani di masa mudanya. Beliau menemukan banyak hubungan antara catur dan musik. Bahkan Smyslov menggambarkan relasi dan komunikasi antara biji-biji catur sebagai harmoni. Beliau menemukan bahwa hubungan antara biji-biji catur menjadi sebuah harmoni adalah logika murni.

Ada beberapa bentuk permainan catur, seperti juga dalam permainan basket. Permainan satu lawan satu antar teman dimana hasil tidak menjadi masalah, tidaklah dapat dikategorikan kompetisi serius. Untuk dapat dikategorikan olahraga, diperlukan unsur kompetisi.

Ditemukan juga fakta bahwa seseorang membakar sejumlah kalori pada saat memainkan sebuah partai yang serius, sama banyaknya dengan saat memainkan olahraga fisik lain seperti basket, sepakbola. Ada sesuatu yang terjadi di otak, proses metabolisme yang menyebabkan tubuh membakar kalori. Kata lain dari kalori adalah energi. Banyak energi yang dikeluarkan ketika seseorang bermain partai catur yang serius. Ini membuktikan bahwa catur juga mengandung unsur fisik, berarti mencakup unsur olahraga.

Apa ketrampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan biji catur ? Ketrampilan yang baik dalam menembak bola dalam permainan basket, serupa dengan ketrampilan yang dibutuhkan oleh seorang pecatur untuk memainkan partai yang baik (memainkan langkah yang baik). Ketrampilan yang sesungguhnya dapat dan perlu dipelajari, oleh sebab itu catur sering digambarkan sebagai permainan yang mudah untuk dipelajari, tapi sulit untuk dikuasai dengan sempurna (it's easy to learn, but difficult to master).

Catur juga permainan dengan prinsip-prinsip yang dapat dirumuskan seperti : bagaimana strategi di posisi tertentu dan sebagainya. Kebenaran yang murni dapat dibuktikan. Oleh sebab itu, catur juga adalah ilmu.

Jadi apakah catur itu seni, olahraga, atau ilmu ? Sebuah perdebatan yang telah berlangsung berabad-abad. Catur terlalu kompleks untuk dikategorikan bagian per bagian, karena sesungguhnya catur adalah kombinasi dari ketiganya : Art, Sport, & Science.

Dibawah ini disajikan notasi dan peragaan video dari salah satu partai indah dan abadi dalam sejarah catur, antara Paul Morphy (pemain terbesar di abad 19) bermain putih melawan aristocrat Jerman dan Perancis (Karl, Duke of Brunswick and Count Isouard). Partai singkat 17 langkah terkenal dengan nama Opera Game. Mereke mengundang Morphy ke gedung Opera Paris, dan mengajak Morphy bermain catur saat Morphy menyaksikan pertunjukan opera. Duke dan Count (bermain buah hitam) diperkenankan berkonsultasi selama permainan.

1. e4 e5 2. Nf3 d63. d4 Bg4 4. dxe5 Bxf3 5. Qxf3 dxe56. Bc4 Nf6 7. Qb3 Qe7 8. Nc3 c69. Bg5 b5 (?) 10. Nxb5! cxb5? 11. Bxb5+ Nbd7 12. 0-0-0 Rd8 13. Rxd7 Rxd7 14. Rd1 Qe6 15. Bxd7+ Nxd7 16. Qb8+! Nxb8 17. Rd8# C





http://www.andriewongso.com/
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik, apabila spam maka akan kami hapus.

Artikel Terbaru

Fanpage FB

Fanpage FB

Pendaftaran UKM Catur

Foto Pilihan

Pengikut

 

©2013 UKM Catur UNY - Design by: Burhanuddin Anshory