Strategi Perorangan

Bermain Catur peorangan atau individual ternyata ada beberapa strateginya lho…

Bisa aja kita main dalam suatu turnamen asal bermain saja, tetapi jika kita ingin mengejar juara atau peringkat atas, ada beberapa hal yang mesti kita tau……Terutama bagi pemain yang mau mencari gelar atau memburu hadiahnya…….



1. Para pemain kawakan yang biasanya suka memburu hadiah, biasanya dari awal tidak terlalu bernafsu untuk menghindari bertemu pemain-pemain yang kuat di awal babak, di babak pertama diusahakan menang, tetapi di babak kedua cukup draw atau kalah juga tidak apa-apa…….Mulai dari babak ke-3 atau babak pertengahan barulah tancap gas penuh agar bisa menang terus, karena di papan menengah biasanya lawannya lebih mudah dari pada di papan atas……..Strategi ini sudah beberapa kali berhasil walaupun resikonya tinggi…….Boleh juga dicoba bagi yang ingin mencari gelar dengan menghindari para master yang kuat dari awal. Banyak kasus pemain yang memimpin dari awal babak malah tidak juara atau bahkan terlempar dari papan atas, karena di babak-babak akhir lawannya semakin kuat dan relatif tenaganya sudah terkuras di babak-babak awal.

2. Agar mendapat peringkat atas atau pun juara, usahakan agar menang di babak-babak awal, agar solkof, progresif score dll kita tinggi…….Walaupun kalah atau terpaksa kalah karena suatu alasan tertentu(misalnya kalah w.o.), usahakan di babak-babak pertengahan atau babak-babak akhir……..

3. Jika point kita rendah dari awal, karena kurang beruntung(misalnya ketemu master kuat di babak-babak awal) jangan menyerah!! Karena lawan kita relatif lebih mudah dengan point rendah, kesempatan untuk mendapat point jadi lebih tinggi……..


http://skakmath.wordpress.com/
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik, apabila spam maka akan kami hapus.

Artikel Terbaru

Fanpage FB

Fanpage FB

Pendaftaran UKM Catur

Foto Pilihan

Pengikut

 

©2013 UKM Catur UNY - Design by: Burhanuddin Anshory