Paul Morphy, Amerika Serikat (1837-1884)

  
Banyak orang menyatakan bahwa Paul Morphy adalah pemain catur terbesar dalam sejarah,.Klaim tersebut bisa saja terbukti benar jika dia benar-benar mengejar karir di catur. Dia belajar sendiri dengan menonton anggota keluarga bermain, ia dianggap salah satu pemain terbaik di New Orleans pada usia 9.
 
Dia terkenal setelah main dengan Jenderal Winfield Scott pada tahun 1846,. sang jendral merasa diolok-olok ketika Morphy diperkenalkan sebagai lawannya. Morphy membuktikan kapsitasnya dengan mudah mengalahkannya dalam dua pertandingan. Partai kedua berakhir setelah hanya 6 bergerak. 
 
Pada usia 12, ia mengalahkan  Guru Johann Lowenthal (Hungaria) dalam 3 pertandingan, yang awalnya dipandang pertandingan sebagai pemborosan waktu. Pada tahun 1857, Morphy berpartisipasi dalam Kongres Catur Pertama Amerika, yang ia memenangkan nyaman dan dianggap juara Amerika Serikat. 
 
Terlalu muda untuk mengejar karirnya di Hukum, Morphy bepergian ke Eropa.  Tahun 1858, dia telah mengalahkan semua empu Inggris, kecuali Staunton yang menolak setelah melihat permainan anak ajaib muda. 
 
Berikutnya ia pergi ke Perancis di mana ia dengan mudah mengalahkan pemain Eropa terkemuka, Adolf Andersson, padahal sedang mengidap sakit influenza usus. Ia memenangkan 7, hilang 2 dan menarik 2 dan saat itu dianggap sebagai pemain terkuat di dunia, 
 
Morphy kembali ke rumah dan pensiun dari catur, hanya bermain game sangat sesekali. Jika dia meniti karir lebih lanjut, tidak ada keraguan bahwa Paul Morphy akan menjadi  juara dunia.
Comments
0 Comments

Artikel Terbaru

Fanpage FB

Fanpage FB

Pendaftaran UKM Catur

Foto Pilihan

Pengikut

 

©2013 UKM Catur UNY - Design by: Burhanuddin Anshory