Irina Krush Meraih Gelar GM

Setelah belasan tahun menyandang gelar IM, Irina Krush akhirnya meraih gelar GM. Ia menjadi wanita pertama dari Ameria Serikat yang meraih gelar Grand Master. Norma pertama diraih tepat setelah ia menjadi seorang pelatih internasional. Norma kedua diraih agak lama, yakni setelah 12 tahun ia mendapat norma yang pertama. Enam bulan setelah itu, ia berhasil mendapat norma ketiga dan jadilah seorang Grand Master.

Irina Krush

Momen sejarah bagi Irina tersebut terjdi ketika ia mengikuti Kejuaraan Terbuka Baku yang diikuti diantaranya oleh 30 GM dan 20 IM dan total peserta yakni 69. Irina Krush tampil sangat gemilang, ia mengalahkan pemain dengan rating 2636. Dia juga berhasil menahan Draw seorang Grand Master kuat dan hanya kalah satu kali oleh GM super Evgeny Alekseev. Irina Krush hanya butuh draw pada babak terakhir untuk mendapatkan gelar GM. Dan akhirnya pada babak terakhir, ia menang.

Saat ini, Irina Krush menempati peringkat ke-16 pemain catur wanita di dunia dengan rating 2502. "Terobosan ini cukup tak teduga bagi saya, karena saya tidak merasa seperti saya telah melakukan sesuatu yang istimewa." Demikian komentar Irina Krush saat diwawancarai seusai pertandingan.
Dengan bantuan USCF Direktur Eksekutif dan Presiden Zonal Franc Guadalupe, gelar itu diberikan pada Kongres FIDE ke-84 yang saat ini sedang berlangsung di Tallinn, Estonia. Krush resmi akan mendapatkan gelar setelah masa tunggu 60 hari.

Irina Krush saat menjalankan buah caturnya

"Pelatih saya mengatakan bahwa saya sudah dekat dengan gelar itu untuk waktu yang lama," kata Krush. "Saya sudah mengikuti beberapa turnamen di mana saya hanya menyandang norma selama bertahun-tahun, termasuk Kejuaraan Dunia tahun ini. Hal-hal kecil yang saya lakukan sangat mendukung terhadap hasil ini. Saya rasa itu mungkin. Jika seseorang sudah mendapatkan norma untuk sementara waktu, dan kemudian Anda memberi mereka kesempatan yang menguntungkan, bantuan dari pelatih mereka, suasana yang positif selama turnamen, stabilitas psikologis, maka tidak ada yang mustahil yang akan kita raih."
Comments
0 Comments

Artikel Terbaru

Fanpage FB

Fanpage FB

Pendaftaran UKM Catur

Foto Pilihan

Pengikut

 

©2013 UKM Catur UNY - Design by: Burhanuddin Anshory