Wilhelm Steinitz (Menantang Tuhan Bermain Catur)



Wilhelm Steinitz

(Menantang Tuhan Bermain Catur)

Wilhelm (kemudian William) Steinitz (lahir 17 Mei 1836–meninggal 12 Agustus 1900 pada umur 64 tahun) ialah seorang pecatur dan juara catur dunia resmi pertama antara tahun 1886 hingga 1894. Ia berasal dari keluarga Yahudi dari Wina di Austria-Hongaria. Kemudian ia tinggal di Inggris dan mengubah namanya dari Wilhelm menjadi William.Di tahun-tahun akhir hidupnya ia pindah beserta keluarganya ke Amerika Serikat.

Di masa jayanya Steinitz memenangkan pertandingan melawan banyak pemain elite dunia, termasuk Joseph Blackburne(Inggris) dan Adolf Anderssen(Jerman).Kemenangannya atas Johannes Zuckertort pada tahun 1886 mengukuhkan statusnya sebagai pemain top dunia.

Dari pertandingan Steinitz's / sejarah turnamen dapat dilihat bahwa dia adalah seorang pemain pertandingan yang brilian, dan memang punya mantra di mana ia tak terkalahkan selama 30 tahun bertanding.
Namun saat semakin tua, ia secara perlahan-lahan dijangkiti kegilaan, dan sering merasa bahwa ia dapat menelpon seseorang tanpa menggunakan telepon, ataupun bermain catur tanpa menyentuh bidak.
Puncak kegilaannya terjadi saat Steinitz mengumumkan kepada masyarakat luas bahwa ia hendak menantang Tuhan untuk bermain catur. Lebih parah lagi, ia menawarkan fur satu bidak dalam pertandingan itu.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik, apabila spam maka akan kami hapus.

Artikel Terbaru

Fanpage FB

Fanpage FB

Pendaftaran UKM Catur

Foto Pilihan

Pengikut

 

©2013 UKM Catur UNY - Design by: Burhanuddin Anshory