Pelatihan Huminfo Artikel #2 Feature with mawaidi D Mas

Memasuki bulan maret ini, susasana sekretariat UKM Catur UNY mengalami dinamika pengunjung. Kadang tidak ada satupun manusia yang datang, kadang ruangan UKMC yang berkapasitas 50 orang ini penuh sesak. Semua itu merupakan suatu warna tersendiri yang menggugah pengurus UKM Catur UNY untuk terus berinovasi menarik pengunjung ke UKM Catur UNY agar tetap ramai. Mulai dari diadakannya turnamen harian, latihan rutin, kumpul bareng, kerja bakti, dll.

Salah satu inovasi selain yang dikemukakan diatas adalah pelatihan huminfo #2 Feature. Agenda yang satu ini merupakan terobosan terbaru dari bidang HUMINFO UKM Catur UNY. Ini merupakan kelanjutan dari pelatihan HUMINFO #1 Interview pada bulan Februari.

Sore ini, sekitar jam 16:00 dibersamai Mawai D Mas (Sastrawan Koran n Pimred Aksara Kreativa), bercengkrama tentang artikel dan teknik menulis feature. Beberapa warga UKMC (Amin, Fahmi, Norvan, Alex, Yudi, Faris dan Choiru) menjadi peserta pelatihan. Pada awalanya Mawai menerangkan tentang tahap menulis artikel yaitu pramenulis, penulisan dan pasca menulis. Di sela -sela pembahasan, beberapa peserta bertanya kepada Mawai. "Bedanya catatan perut dan catatan kaki itu apa?" Apa itu feature? dll.

"Feature itu bisa dikatakan sebagai jurnalisme satra, maksudnya menulis berita namun menggunakan bahasa satra. Feature sendiri tetap bersumber dari fakta. Feature bertujuan untuk mengantisipasi pembaca agar tidak bosan", penjelasn dari Mawai.

Pelatihanpun ditutup dengan saling mengobrol antara peserta dan mawai sendiri. Semoga apa yang disampaikan dapat menambah pengetahuan selain pengetahuan teori catur sendiri. Tunggu inovasi dari pengurus UKMC yang lain.
Comments
0 Comments

Artikel Terbaru

Fanpage FB

Fanpage FB

Pendaftaran UKM Catur

Foto Pilihan

Pengikut

 

©2013 UKM Catur UNY - Design by: Burhanuddin Anshory