Lambang UKM Catur UNY


Ada beberapa persepsi yang muncul di hati warga UKM Catur UNY tentang filosofi Lambang UKM Catur UNY, bahkan banyak yang mengatakan tidak tahu termasuk para senior di UKM Catur UNY. Hal ini menjadi keprihatinan tersendiri, pemilik dari lambang tersebut tidak mengetahui filosofi yang terkandung di dalamnya. 

Pada hari Rabu, 10 April 2013 datanglah senior UKM Catur UNY bernama Ali (2007). Tiba - tiba dia berceletuk bahwa lambang UKM Catur itu dialah yang membuatnya. "Dulu UKM Catur UNY masih menggunakan lambang Percasi sebagai lambang UKMC. Kemudian aku membuatnya, sebenarnya sudah ada stempel yang mirip dengan lambang UKMC namun tidak tahu siapa yang membuat", kata Ali menjelaskan.

Makna dari lambang UKM Catur UNY dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.Bentuk dasar berupa bunga teratai digambarkan dalam padma persegi lima, melambangkan pancasila sebagai landasan dasar UKM Catur UNY, dan kontur putih melambangkan kesucian hati.
2.Petak hitam dan putih, melambangkan medan pertempuran di dalam permainan catur, di dalam kehidupan kita harus berusaha untuk selalu memenangkan pertempuran yang ada.
3.Garis hitam dan putih melambangkan lajur yang harus dikuasai oleh pemain agar memenangkan pertempuran. Hidup ini harus berada di jalan yang lurus agar mendapatkan kenikmatan dunia dan akhirat,
4.Tulisan UKM Catur UNY dibuat melingkar melambangkan dunia yang terus berputar. mengingatkan bahwa hidup ini penuh dengan dinamika dimana kita bisa berada diatas maupun dibawah.
5.Dua bintng melmbangkan UKM Catur UNY selalu bercita - cita setinggi bintang untuk meningkatkan prestasi dan eksistensi.
6.Kuda warna biru langit, kuda merupakan perwira yang paling istimewa di dalam permainan catur, diharapkan UKM CaturUNY menjadi pribadi yang istimewa dan cerah seperti langit.

Demikianlah makna dari lambang UKM Catur UNY yang sempat simpang siur. semoga dapat dimaknai secara mendalam oleh warga UKM Catur UNY.
Comments
0 Comments

Artikel Terbaru

Fanpage FB

Fanpage FB

Pendaftaran UKM Catur

Foto Pilihan

Pengikut

 

©2013 UKM Catur UNY - Design by: Burhanuddin Anshory