Pelantikan Pengurus UKM Catur UNY Tahun 2016




Minggu,17 Januari 2016 akan diadakan acara pelantikan pengurus ukm catur yang baru dengan mengambil tempat di Desa Jlegongan Selaman selama dua hari satu malam .Para peserta mengikuti aneka kegiatan yang dirancang oleh para panitia pengurus tahun lalu.Sebelum acara pelantikan para pengurus ukmc yang baru sudah mempersiapkan segala keperluannya mulai dari konsumsi, tempat, peralatan out bond dan konsep acara. Hari minggu pukul 13.00 semua pengurus berkumpul disekre ukm. Sambil mempersiapkan peralatan yang akan dibawa kita mengisi presensi terlebih dahulu.Alhasil kami berangkat pukul 14.00 dari ukm menuju tempat penginapan. Perjalanan yang kami tempuh begitu jauh. Kami harus melewati pemukiman penduduk, melewati sawah,melintasi tikungan berulangkali.Hingga akhirnya kita sampai disebuah rumah ditengah desa. Rumah yang luas dengan hamparan padi disekitarnya. Rumah itu dipenuhi dengan pohon buah-buahan seperti kelengkeng,dan rambutan.

Sesampainya di penginapan itu kami langsung mencari tempat untuk bersandar.Menghilangkan ketegangan karena perjalanan yang jauh dan jalan yang begitu ramai dipenuhi dengan kendaraan yang melintas. Ada beberapa pengurus yang langsung mempersiapkan alat-alat untuk keperluan rapat kerja malam harinya.Namun banyak pengurus yang tepar karena kelelahan .Pengurus putri langsung menuju kamar yang telah disediakan. Pengurus putri dibagi menjadi 3 kamar. Setiap kamar berisi sekitar 4 orang.Dipenginapan itu kami disambut sangat ramah oleh pemilik rumah yang ternyata mantan pengurus ukmc.
Setelah beberapa saat kami beristirahat kemudian kita gladi kotor acara pelantikan pengurus ukmc yang baru. Acara gladi berjalan lancar dan seru karena setiap pengurus memiliki kekonyolan masing-masing yang membuat kita tidak berhenti untuk tertawa. Acara galdi pun telah selesai dilaksanakan dilanjutkan dengan acara sharing. Acara sharing dimulai dengan ketua yang menceritakan tentang visi dan misi yang akan dilaksanakannya setahun yang akan datang. Acara sharing berjalan dengan lancar. Semua yang dikatakan ada saja yang bisa membuat tertawa sehingga mempercepat keakraban terjalin diantara kita hal itu yang menyebabkan tidak ada bedanya senior dan junior bagi kita semuanya samadan satu saudara.

Setelah acara sharing dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah dan dilanjutkan makan malam.Setelah itu sholat isya’berjamaah dilanjutkan dengan acara rapat kerja.Rapat kerja dimulai dengan ketua mempresentasikan program kerja yang akan dilaksanakan setahun kedepan dilanjutkan wakil ketua hingga ke program kerja masing-masing bidang. Dalam rapat kerja ini pengurus lama maupun pengurus baru bisa memberikan saran dan masukan atau sanggahan untuk program kerja masing-masing bidang dalam setahun kedepan. Acara berjalan lancar dan aman.Banyak masukan dan sanggahan dari pengurus lama untuk program pengurus baru demi terciptanya program yang berkualitas sehingga ukmc menjadi lebih baik lagi. Acara berlangsung cukup lama hingga sebagian pengurus tepar karena tidak bisa menahan rasa kantuk.Acara selesai jam 2.30 pagi.Setelah itu dilanjutkan istirahat.

         Hari berikutnya UKM Catur mengadakan outbound untuk para pengurus UKM Catur periode 2016.Kegiatan outbound yang dilakukan dengan tujuan; Memperoleh kesenangan yang bernilai positif yang dapat memberikan penyembuhan, seperti stres, ketegangan dan lain-lain. Menjalin keakraban dan kerja sama agar dapat melaksanakan program kerja Organisasi Mahasiswa dengan baik. Meningkatkan kemampuan memimpin yang lebih baik, baik memimpin diri sendiri maupun orang lain dalam beroganisasi dan lingkungan sekitar. Selain itu juga kegiatan ini dilakukan diluar kampus yang tepatnya dilaksanakan di Desa Jlegongan dengan tujuan untuk mengajar peserta untuk menyegarkan otak dan menghilangkan kepenatan dan beban pikiran selama mengikuti perkuliahan maupun yang lainnya.

Dibawah ini jalannya kegiatan Outbond tersebut beserta foto-foto kegiatan tersebut..

          Kegiatan ini diawali dengan menelusuri jalan menuju tempat out bond, kemudian dilanjutkan dengan memilih seorang ketua kelompok dan membagi menjadi 4 kelompok. Ada 4 kelompok yang masing– masinganggotanyaberjumlah 4 sampai 5 orang termasuk ketua kelompok.

Beberapa menit kemudian kegiatan dimulai dalam bentuk permainan yang telah ditentukan dan dikoordinir oleh panitia Out bond. Namun sebelum permainan dimulai, masing – masing ketua kelompok diberikan pengarahan kepada instruktur tentang permainan – permainan yang akan dimainkan untuk disampaikan kepada anggota kelompoknya  masing – masing.

Terdapat  4 permainan yang dimainkan dalam kegiatan out bond kali ini

Permainan Pertama yaitu Mengisi Air dengan botol mineral yang dipasangkan di kepala.

Dalam permainan ini masing – masing kelompok harus mengisi botol dikepala dengan air dan siap menuangkan air tersebut kepada satu orang yang telah menunggu di garis finish.Ketua  tim memulai mengisi air dikepalanya lalu memindahkannya ke kepala yang lainnya dan berjalan menuju satu orang yang menampung air tersebut. Kelompok yang paling banyak mengisi botolnya kelompok itulah pemenangnya
Makna yang kita ambil dari permainan ini yakni kebersamaan, kekompakkan, semangat, pengendalian emosi, loyalitas terhadap pemimpin dan sebagai orang yang dipimpin, strategi untuk mencapa sesuatu dengan cepat.

Permainan yang ke -2 yaitu permainan Bola Pimpong dengan Sendok

Dalam permainan ini, masing – masing kelompok berbaris 1 banjar dibelakng garis start kearah belakang. Kemudian barisan paling depan menyalurkan bola menggunakan sendok dimulutnya kerekannya yang dibelakang untuk terus disalurkan sampai pada garis finish bola disalurkan kembali berbalik arah. Apabila bola terjatuh di pertengahan, maka permainan akan diulang dari garis start. Kelompok yang menang adalah kelompok yang berhasil dengan cepat membawa bola.
Makna yang dapat diambil dalam permainan ini yaitu kebersamaan, kekompakkan, kedisiplinan.

Permainan yang ke-3 yaitu permainan “Please Help Me”

Pasti pada bingung dengan nama game inikan? Hahaha.
Nah, dalam permainan ini tiap kelompok harus berbaris dan satu orang berada di depan sebagai penangkap. Jarak penangkap dengan kembali ke awal orang lainnya yaitu sekitar 5 langkah kaki, cara mainnya yaitu penangkap memegang sebuah sedotan didepan dadanya dan tidak boleh bergerak, dan pemain pertama memasukkan sebuah karet gelang dengan berdiri di batas garis dan tidak boleh melemparnya atau melompat. Begitu seterusnya dengan pemain selanjutnya. Kelompok yang paling banyka memasukkan kare tgelang maka itulah yang menang.
Makna yang didapat dalam permainan ini adalah kebersamaan, kekompakan, startegi dalam melakukan sesuatu, dayatahan yang kuat dan untuk mencapai suatu pekerjaan yang baik, dan percaya kepada rekan satu tim.

Permainan yang ke-4 adalah Meniup Balon

Dalam permainan ini masing-masing kelompok diberi satu buah balon dan setiap pemain di kelompok tersebut harus bekerja sama meniup balon tersebut menggunakan sedotan. Kelompok siapa yang membuat balon yang paling besar, maka kelompok itulah yang menang.
Makna yang didapat dalam permainan ini yaitu kecepatan ,kerjasama dan menguji kekompakan dalam tim.


Nah, begitulah kegiatan out bond kita kemarin, serukan? :D


Setelah out bond kami beristirahat sejenak, lalu bergantian mandi dan makan siang.Acara selanjutnya yaitu pelantikan pengurus UKMC 2016 yang dipimpin Teduh Sukma Wijaya.
Top of Form
Bottom of Form

Kegiatan ini merupakan salahsatu program yang penting, karena menyangkut legalitas dari pada kepengurusan dari pengurus periode 2016-2017. Selain itu terselenggaranya kegiatan in imerupakan suatu penetapan program kerja dari para pengurus satu tahun mendatang.
 Kegiatan ini telah diselenggarakan padahari Senin tanggal 19 Januari 2016
Tujuan dari pada kegiatan ini ialah:
  1. Melantik pengurus yang baru.
  2. Melegalkan stuktur kepengurusan 2016-2017.
  3. Memberi komitmen dalam berorganisasi
.
Pertama yaitu pembukaan oleh MC yang dilakukan oleh Mbak Septi. Doa dan sambutan. Kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan diikuti Hymne UNY.Selanjutnya pembacaan Sumpah jabatan dan sambutan, kesan pesan oleh Ketua, dilanjutkan pemasangan pin sebagai tanda sahnya dilantik para pengurus 2016. Lalu penutup dan pengibaran bendera UKM Catur.


Selaku ketua UKM Catur UNY 2015, Teduh berharap semoga pengurus UKM Catur 2016 menjadi pengurus yang solid, tetap menjaga kekeluargaan, ingat Gens Una Sumus... semoga yang sudah direncanakan bisa dilaksanakan dengan baik, pencapaian 2015 bukan apa apa melainkan hanya pondasi yang dibuat untuk kepengurusan 2016, semoga para pengurus bisa memanfaatkan pondasi itu untuk membangun kesuksesan selanjutnya.
Sekian kegiatan pelantikan pengurus UKM Catur UNY 2016, semoga kami bisa memberikan yang terbaik untuk kedepannya.






Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik, apabila spam maka akan kami hapus.

Artikel Terbaru

Fanpage FB

Fanpage FB

Pendaftaran UKM Catur

Foto Pilihan

Pengikut

 

©2013 UKM Catur UNY - Design by: Burhanuddin Anshory